Teks Iklan
A. Pengertian Teks Iklan
Teks iklan adalah teks yang didesain untuk
memengaruhi pembaca atau pendengar agar membeli produk yang ditawarkan atau
melakukan sesuatu sesuia keinginan pembuat iklan dengan disertai
argumen-argumen pendukung.
Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk,
baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat
untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang
diiklankan.
B. Ciri-Ciri Teks Iklan
1.
Menggunakan kata
emotif yang bertenaga.
Contoh: enak à nikmat. Murah à super hemat
2.
Menggunakan
kalimat pujian persuasif
Contoh : makan puas
harga pas. Kenikmatan yang kami sajikan tak terlupakan. Dijamin pasti kembali.
Kedahsyatan rasanya tak tertandingi.
3.
Menggunakan
kalimat ajakan persuasif
Contoh : tunggu apa
lagi!! Diskon 50% hanya untuk tanggal 17-18 September. Buruan persediaan
terbatas.
4.
Kalimat pujian
dan ajakan ada yang dinyatakan sacara langsung (eksplisit) ada yang tidak
langsung (implisit)
Contoh : eksplisit à ikuti paket wisata langka di Gunung Bromo.
Implisit à kami memproduksi dan menjual Batik Tulis Pamekasan
dengan yang sangat terjangkau dan Kualitas Terbaik.
C. Struktur Isi Teks Iklan
1.
Tesis
Tesis adalah kalimat
pernyataan subjektif tentang produk yang ditawarkan atau perilaku yang
disarankan.
a.
Berupa kalimat
pernyataan subjektif tentang produk yang ditawarkan atau perilaku yang
disarankan.
b.
Berisi
pernyataan untuk menarik perhatian. Tesis merupakan pesan-pesan penting,
sehingga harus didesain secara menarik agar dapat menarik perhatian dari para
calon konsumen.
2.
Argumen.
Argumen berisi tentang
bukti-bukti atau alasan pendudkung tesis agar para pembaca atau pendengar
terpengaruh untuk membeli produk-produk yang ditawarkan atau melakukan sesuatu
seperti ysng diinginkan pembuat iklan.
a.
Berupa
bukti-bukti atau alasan pendukung tesis.
b. Alasan dapat
bersifat objektif/rasional maupun subjektif/emosional. Alasan objektif berupa
informasi-informasi yang dapat diterima oleh nalar para calon konumen. Alasan
subjektif berupa hal-hal yang dapat mengajuk emosi para calon konsumen untuk
memiliki (menikmati) apa yang telah dipromosikan oleh produsen.
c. Dengan cara
menunjukan bahwa dengan produk/jas/perilaku yang ditawarkan dapat membuat
pembaca merasa lebih bahagia, lebih kaya, atau lebih sehat.
d. Dengan
menunjukkan keunggulan, keunikan, dan manfaat yang didapat dengan membeli
produk/menggunakan jasa/melakukan sebuah tindakan yang diiklankan.
e. Dapat
menggunakan pembuktian ahli, demo, menggunakan artis publik figur yang
memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.
3.
Ajakan.
Ajakan untuk membeli
atau melakukan perilaku sesuai dengan yang diiklankan. Ajakan bersifat implisit
atau eksplisit.
Posting Komentar untuk "Teks Iklan"